feedburner

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Kepentingan folic acid bagi wanita mengandung

Labels:

Salam minggu ke 7 Praktikum kengkawan semua!! Selamat bercuti skolah. Jai balik kampung hari Jumaat pukul 2.30 ptg. Nak mai sini bila pun tak tau lagi. Artikel dibawah ni dalam bahasa indonesia.. bacala untuk pengetahuan bersama.. kalo ada yang tak faham tu.. buat-buat paham jer lah.



Folat adalah salah satu jenis vitamin B Kekurangan folat secara umum adalah terjadinya megaloblastik anemia, yaitu sel darah membesar akan tetapi tidak dapat mengikat oksigen, sehingga penderita mudah merasa letih, lemas dan lesu. Kebutuhan folat terutama meningkat pada saat kehamilan. Kekurangan folat dapat menyebabkan cacat bawaan pada bayi yang dilahirkan seperti rongga mulut/ bibir sumbing, berat bayi lahir rendah, keguguran, sindroma down’s, neural tube defects (NTD).

NTD adalah cacat bawaan pada syaraf sumsum tulang belakang dimana pembuluh syarah tidak dapat menutup dengan sempurna. Proses ini biasanya terjadi pada sekitar hari ke 28 setelah pembuahan. Beberapa jenis NTD adalah:

* spina bifida: tulang belakang tidak menutup

* Anencepahly: tidak ada kubah tengkorak atau otak yang amat menyusut dan melekat pada dasar tengkorak (90% dari kasus NTD)

* Encephalocele: radang otak (10% dari kasus NTD)

Penderita NTD yang dapat hidup harus menanggung akibat dari NTD sepanjang hidupnya, antara lain kelumpuhan, tidak dapat mengontrol keluarnya air seni, dan gangguan kemampuan belajar.

Baca selanjutnya...


0 comments:

Post a Comment